-->

follow us

Visi dan Misi Perusahaan- Garuda Indonesia Tbk

Konten [Tampil]

Visi dan Misi Perusahaan- Garuda Indonesia Tbk

Visi-misi-garuda-indonesia
Visi Misi Garuda Indonesia


Sejarah PT. Garuda Indonesia 

PT. Garuda Indonesia adalah maskapai penerbangan nasional Indonesia. Garuda adalah nama burung mitos dalam legenda pewayangan. Nama “Garuda” diberikan oleh Presiden Soekarno di mana nama tersebut diambil dari sajak Belanda yang ditulis oleh penyair terkenal pada masa itu, Noto Soeroto; "Ik ben Garuda, Vishnoe's vogel, die zijn vleugels uitslaat hoog bovine uw einladen", yang artinya, “Saya Garuda, burung Vishnu yang melebarkan sayapnya tinggi di atas kepulauan Anda”

PT. Garuda Indonesia berkantor pusat di Cengkareng, Jakarta, Indonesia. Selain berpusat di Jakarta, terdapat pula kantor perwakilan yang tersebar di hampir seluruh kota besar di Indonesia dan juga kota-kota di luar negeri. Sejarah penerbangan komersial Indonesia dimulai saat bangsa Indonesia sedang mempertahankan kemerdekaannya. Penerbangan komersial pertama menggunakan pesawat DC-3 Dakota dengan registrasi RI 001 dari Calcutta ke Rangoon dan diberi nama “Indonesian Airways” dilakukan pada 26 Januari 1949.

Pada tahun yang sama, 28 Desember 1949, pesawat tipe Douglas DC-3 Dakota dengan registrasi PK-DPD dan sudah dicat dengan logo “Garuda Indonesian Airways”, terbang dari Jakarta ke Yogyakarta untuk menjemput Presiden Soekarno. 

Inilah penerbangan yang pertama kali dengan nama Garuda Indonesian Airways. Setahun kemudian, 1950, PT. Garuda Indonesia resmi menjadi perusahaan negara. Pada masa itu, perusahaan memiliki 38 buah pesawat yang terdiri dari 22 jenis DC-3, 8 pesawat Laut Catalina, dan 8 pesawat jenis Convair 240. Armada perusahaan terus berkembang, dimana untuk pertama kalinya PT. Garuda Indonesia membawa penumpang jamaah haji ke Mekkah pada tahun 1956.Perjalanan terbang ke kawasan Eropa dimulai PT. Garuda Indonesia pada tahun 1965 dengan tujuan akhir di Amsterdam. 

Armada PT. Garuda Indonesia dan kegiatan operasionalnya mengalami revitalisasidan restrukturisasi besar-besarandi sepanjang tahun 1980-an. Hal ini menuntut perusahaan merancang pelatihan yang menyeluruh bagi karyawannya dan mendorong perusahaan mendirikan Pusat Pelatihan Karyawan, Garuda Indonesia Training Center di Jakarta Barat.Selain itu, PT. Garuda Indonesia juga membangun Pusat Perawatan Pesawat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada masa itu. Di awal tahun 1990, strategi jangka panjang PT. Garuda Indonesia disusun hingga tahun 2000. 

Jumlah armada juga terus ditingkatkan sehingga PT. Garuda Indonesia menjadi salah satu dari 30 besar maskapai penerbangan di dunia. Seiring dengan upaya pengembangan usaha, di awal tahun 2005, PT. Garuda Indonesia memiliki tim manajemen baru, yang kemudian membuat perencanaan baru bagi masa depan perusahaan. 

Manajemen baru PT. Garuda Indonesia melakukan evaluasi ulang dan restrukturisasi perusahaan secara menyeluruh dengan tujuan meningkatkan efisiensi kegiatan operasional, membangun kembali kekuatan keuangan yang mencakup keberhasilan perusahaan dalam menyelesaikan restrukturisasi utang, menambah tingkat kesadaran para karyawan dalam memahami pelanggan, dan yang terpenting memperbarui dan membangkitkan semangat karyawan PT. Garuda Indonesia. ( Sumber: Garuda Indonesia )

PT Garuda Indonesia (Persero) adalah maskapai penerbangan pertama dan terbesar di Indonesia yang melayani lebih dari 43 rute destinasi di dalam maupun luar negeri. Dengan menekankan fokus pada pelayanan, seluruh kegiatan operasional perusahaan difokuskan untuk menjadikan GarudaIndonesia sebagai penyedia jasa utama dan terlengkap bagi para pelanggan yang ingin melakukan perjalanan udara, atau mengirimkan kargo udaranya. Jumlah armada yang dimiliki per 31 Desember 2007 berjumlah 48 pesawat , terdiri dari 3 pesawat jenis B-747-400, 6 pesawat jenis A-330-300s dan 39 pesawat jenis B-737 (seri 300, 400, 500 & 800).

Selain itu, mulai 5 Maret 2014, PT. Garuda Indonesia resmi bergabung dengan aliansi penerbangan Sky Team, sebagai bagian dari program pengembangan jaringan internasionalnya. Dengan bergabung dalam Sky Team, pengguna jasa PT. Garuda Indonesia dapat terhubung ke 1.064 destinasi di 178 negara yang dilayani oleh seluruh maskapai penerbangan anggota Sky Team dengan total lebih dari 15.700 penerbangan per hari. Selain itu, para pengguna jasa PT. Garuda Indonesia juga dapat memperoleh akses ke 564 lounges Sky Team di seluruh dunia. Selain itu dengan masuknya PT. Garuda Indonesia ke dalam Sky Team juga akan menguatkan Indonesia dalam peta “Air Travel” dunia.


Visi dan Misi PT. Garuda Indonesia 


  • Visi


 Menjadi perusahaan penerbangan yang handal dengan menawarkan layanan yang berkualitas kepada masyarakat dunia menggunakan keramahan Indonesia. 


  • Misi


Sebagai perusahan penerbangan pembawa bendera bangsa Indonesia yang mempromosikan Indonesia kepada dunia guna menunjang pembangunan ekonomi nasional dengan memberikan pelayanan yang profesional.



Simak Juga :

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar