-->

follow us

Visi dan Misi Universitas Merdeka Malang

Konten [Tampil]

Visi dan Misi Universitas Merdeka Malang



Visi dan Misi Universitas Merdeka Malang -  Universitas Merdeka Malang merupakan Perguruan Tinggi Swasta berdiri sejak tanggal 29 Januari 1964, yang diselenggarakan oleh  Yayasan Perguruan Tinggi Merdeka Pusat Malang  (YPTMPM) di Malang ( Akta Nomor 5.a tanggal 5 Juli 1964). Lembaga pendidikan ini didirikan oleh  R. Edwin Soedardji, Soekiman Dahlan, SH., Frasnsiscus Soetrisno, Soegondo, Soetikno, SH., Dharma . Pada tahun 1972 nama YPTMPM diubah menjadi Yayasan Perguruan Tinggi Merdeka Malang, yang disingkat  YPTM, .   Menurut badan hukum yang mengelola Universitas Merdeka adalah Yayasan perguruan Tinggi Merdeka Pusat Malang  (Akta Nomor 32 tahun 1972). 

Yayasan Perguruan tinggi Merdeka (YPTM) merupakan Yayasan swasta yang mengemban dua (2) fungsi utama, yaitu (1) fungsi pertahanan ideologi negara. Fungsi ini menuntut YPTM bertindak sebagai lembaga yang ikut serta dalam mempertahankan, mengamankan, mengamalkan Pancasila dan UUD 1945; (2) fungsi lembaga ilmiah yang melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.   Dalam rangka mengemban kedua fungsi tersebut, YPTM bersama dengan Universitas Merdeka Malang melakukan berbagai langkah pembenahan. Pada tahun 1983 kembali Yayasan dikukuhkan dengan Yayasan Perguruan Tinggi Merdeka.

Secara historis keberadaan Universitas Merdeka Malang tidak dapat dipisahkan dengan Kodam V Brawijaya.  Hubungan YPTM dan Universitas Merdeka Malang dengan KODAM VIII/BRAWIJAYA merupakan bagain dari proses sejarah berdirinya YPTM. Konteks sejarah inilah yang pertama-tama mendasar hubungan antara YPTM dengan KODAM VIII/BRAWIJAYA. Di samping konteks kesejarahan, kesamaan misi dan fungsi yang diemban mendorong kerjasama antara YPTM dengan KODAM VIII/BRAWIJAYA sama mengemban fungsi memepertahankan, mengamankan, dan mengamalkan Pancasila dan UUD 1945. 

Universitas Merdeka Malang didirikan sebagai kubu pertahanan ideologi Pancasila, dan UUD tahun 1945.  Atas permohonan Pendiri Yayasan Perguruan Tinggi Merdeka Malang, Kolone R. Edwin Soedardji kepada Pangkodam VIII/BRAWIJAYA, maka bertepatan dengan HUT Kodam VIII/Brawijaya yang ke XXIII tanggal 17 Desember 1968, Universitas Merdeka dinyatakan berinduk pada Slagorde KODAM VIII/Brawijaya (sekarang KODAM V/Brawijaya) bertindak selaku pembina utama dari Yayasan Perguruan Tinggi Merdeka Malang dan Universitas Merdeka Malang sedangkan untuk pelaksanaan tugasnya sehari-hari Universitas Merdeka Malang berada di bawah Pembina harian Komando Resort Militer 083/Bhaladhika Jaya, dalam hal ini Komandan Korem 083/Bhaladika Jaya adalah Ex-officio Pembina Harian Universitas Merdeka Malang.

Sejak tahun 1976 pengembangan Unmer Malang terus dilakukan. Pemantapan rencana pengembangan secara sistematis terus dikembangkan mulai tahun 1983 melalui penetapan rencana pengembangan jangka pabjang dengan menyusun Rencan Induk Pengembangan (RIP) sebagai berikut:

  • Rencana Pengembangan yang diawali dengan : Rencana Induk Pengembangan Tahap I : tahun 1976-1983
  • Rencana Induk Pengembangan II : tahun 1983-1987, sebagai tindak lanjut atas keberhasilan pengembangan tahap I
  • Rencana Induk Pengembangan III : tahun 1987-1991, melalui Surat Keputusan ketua Yayasan Perguruan Tinggi Merdeka Malang Nomor : Skep-032/YPTM/VI/1987, tanggal 20 Juni 1987.
  • Rencana Induk Pengembangan IV : tahun 1993-1997, melalui Surat Keputusan Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Merdeka Malang Nomor : Skep-99/YPTM/XII/1993, tanggal 28 Desember 1993.
  • Renaca Pengembangan tahap V: tahun 1998-2006 merupakan tahap pengembang menuju institusi pendidikan yang berkualitas
  • Pengembangan tahapVI: tahun 2006-2015, Rencana Pengem ini tertuang dalam Rencana Strategis (RENSTRA) UNIVERSITAS MERDEKA MALANG Tahun 2006-2015 yang ditetapkan melalui Keputusan Ketua YPTM No: Kep-01/YPTM/I/2006.

Berkat kerja keras dan keterpaduan semau unsur sivitas akademika, baik di tingkat yayasan mupun universwitas, maka secara bertahap kemajuan-kemajuan di bidang akademik amupun non akademik atau pembangunan fisik, memperlihatkan hasil nyata melalui peningkatan reputasi Unmer Malang sebagai Perguruan Tinggi Swasta tertua di Jawa Timur, khususnya di Kota Malang. Beberapa prestasi baik di bidang akademik maupun bidang non-akademik terus diukir oleh insan-insan civitas akademika Unmer Malang, yang secara konsisten melakukan pengembangan mutu secara berkelanjutan dengan jargon utamanya menuju The Quality University.

Visi Misi Universitas Merdeka Malang


1. Visi


Menjadi Universitas Terkemuka Berskala Nasional dan Internasional. Universitas Merdeka Malang sebagai Pendidikan Tinggi memiliki komitmen yang tinggi untuk mewujudkan reputasi yang unggul, setara dengan PTN dan/atau PTS terkemuka dalam kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Terkemuka mempunyai makna memiliki peringkat unggul baik pada skala regional, nasional sampai internasional. Indikator yang digunakan adalah capaian peringkat akreditasi (Program Studi dan Institusi), Regional (anugerah kampus unggul kopertis), Nasional (peringkat Perguruan Tinggi oleh Kemenristek DIKTI, Peringkat Kluster DP2M) dan Peringkat Internasional (webometrics, 4ICU, citation google ranking, reputasi publikasi ilmiah).

Menjadi Pusat Pengembangan SDM Seutuhnya. Universitas Merdeka Malang menjadi pusat pengembangan SDM seutuhnya berkomitmen menghasilkan  SDM alumni yang menguasai ilmu, keterampilan sesuai bidang ilmunya serta memiliki soft skill yang baik. Komitmen ini diperkuat dengan upaya pengembangan Tenaga Pendidik (dosen)  dan tenaga Kependidikan guna meningkatkan kualitas penyelenggaraan kegiatan akademik dan penunjang akademikdalam kerangka pengembangan  Tridharma Perguruan Tinggi. 

Upaya peningkatan kualitas dan kuantitas tenaga pendidik dan kependidikan dilakukan secara sistematis melalui pengembangan program yang dijamin mutunya oleh Badan Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (BP3M) Universitas Merdeka Malang. 

Pengembangan SDM tenaga pendidik dan kependidikan merupakan konsekuensi logis peningkatan kualitas kegiatan Tridhama Perguruan Tinggi sebagai upaya mencapai peringkat unggul pada tahun 2035. Pengembangan SDM (Civitas Academica) seutuhnya di UNMER Malang dilakukan dengan mengembangkan semangat “Bhirawa Anoraga” yang bertujuan mencetak SDM yang Perkasa (profesional, mumpuni keilmuan dan keahliannya), namun tetap rendah hati (yang didasari dan dilandasi dengan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa). 

Pembinaan watak dan karakter menjadi ciri kegiatan pengembangan SDM seutuhnya di Universitas Merdeka Malang. Pembinaan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa bagi mahasiswa dilakukan melalui berbagai kegiatan kurikuler (pendidikan Agama, Pancasila dan Kewarganegaraan) maupun kegiatan ekstra kurikuler melaui kegiatan pembinaan mental, pendalaman agama, maupun kegiatan lainnya.

Mewujudkan SDM yang Berjiwa Wirausaha. Pengembangan kemandirian dan Kewirausahaan menjadi ciri alumni UNMER Malang masih relevan dalam era global.  Mencetak SDM yang berjiwa wirausaha mengandung pemahaman bahwa SDM yang dihasilkan memiliki kompetensi yang tinggi di bidang keilmuannya, kompetitif di dunia kerja sesuai bidang keahliannya, memiliki jiwa bertanggung jawab, jujur, inovatif, memiliki inisiatif, bekerja keras, profesionalserta mandiri. 

Mahasiswa selain ditempa dalam kegiatan akademik, dilakukan juga melalui kegiatan-kegiatan pengembangan softskilluntuk menumbuhkembangkan jiwa wirausaha (bertanggung jawab, jujur, inovatif, memiliki inisiatif, bekerja keras, profesional serta mandiri) baik tingkat Program Studi, fakultas maupun di tingkat Universitas melalui kegiatan pengembangan soft skills oleh Pusat Karier.
Pencapaian Visi. 

Sesuai dengan tahapan pengembangan Universitas Merdeka Malang, saat ini memasuki tahapan Equality, sebagai modal utama menuju tahap Outstanding. Tahap pencapaian Outstanding ini bermakna seluruh unit harus sudah memiliki kualitas penyelenggaraan yang sangat baik secara nasional dan memiliki reputasi internasional. Pada tahapan ini ditandai dengan pencapaian peringkat tertinggi untuk Akreditasi Institusi yang diikuti dengan peningkatan pencapain peringkat tertinggi di Program Studi, peningkatan peringkat Anugerah Kampus Unggulan, peringkat perguruan tinggi secara nasional dan telah berkiprah di jajaran internasional.

2. Misi Universitas Merdeka Malang.

  • Menyelenggarakan program pendidikan tinggi yang berkualitas pada jenis program pendidikan akademik, vokasi dan profesi untuk menghasilkan lulusan yang kompeten pada bidang keahliannya, berjiwa wirausaha danberdaya saing internasional.
  • Menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta publikasi ilmiah untuk mendorong peningkatan image dan reputasi lembaga serta terciptanya suasana akademik yang kondusif bagi terselenggaranya institusi pendidikan yang memiliki reputasi Nasional dan Internasional.
  • Melaksanakan tatakelola universitas  yang berbasis Sistem Informasi Manajemen  sebagai Decision Support System (DSS) untuk mewujudkan Sentralisasi Administrasi dan Desentralisasi Akademik (SADA)yang menganut prinsip-prinsip tata kelola perguruan tinggi yang baik (good university governance).
  • Menjalin kerjasama-kemitraan dengan institusi lain di dalam maupun di luar negeri dengan prinsip kesetaraan, dalam rangka mewujudkan institusi pendidikan yang memiliki reputasi nasional dan internasional.












Sumber unmer.ac.id

Simak Juga :

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar