Konten [Tampil]
Logo Pertamina Lubricants |
Sejarah Pertamina Lubricants
Sejarah Pertamina
PT Pertamina Lubricants merupakan anak perusahaan PT Pertamina (Persero), yang didirikan pada 23 September 2013 dan menerima pemisahan (spin-o ) Unit Bisnis Pelumas PT Pertamina (Persero) pada 30 Oktober 2013.
Pendirian Perusahaan didasarkan Akta No.35 yang dibuat di hadapan Notaris Lenny Janis Ishak, S.H. dan PT Pertamina Lubricants.
PT Pertamina Lubricants didirikan sebagai pelaksanaan amanat Undang-Undang No. 22 Tahun 2001 Tentang Minyak dan Gas. Tujuan pendirian Perusahaan adalah meningkatkan kekuatan bisnis Perseroan di bidang usaha pelumas pada masa mendatang, melalui cakupan bisnis di dalam dan luar negeri.
Cakupan bisnis Perusahaan meliputi dalam dan luar negeri. PT Pertamina Lubricants bertekad pada masa-masa mendatang dapat menjadi perusahaan pelumas kelas dunia, dan mencapai posisi sebagai Top 20 World Lubricants Company.
Milestone Pertamina Lubricants
Visi dan Misi Pertamina Lubricants
Visi
Menjadi Perusahaan Pelumas Kelas Dunia
Mission
Melaksanakan bisnis solusi pelumasan dan memasarkan pelumas serta produk terkait secara kompetitif di pasar domestik dan luar negeri untuk memperkuat portofolio bisnis guna mengoptimalkan nilai tambah bagi seluruh pemangku kepentingan.
Tata Nilai 6C Pertamina
Bersih
Perusahaan dikelola secara profesional dengan : menghindari benturan kepentingan; tidak mentolerir suap;menjunjung tinggi kepercayaan dan integritas; serta berpedoman pada asas-asas tata kelola korporasi yang baik.
Kompetitif
Mampu berkompetisi dalam skala regional maupun internasional, mendorong pertumbuhan melalui investasi, membangun budaya sadar biaya dan menghargai kinerja.
Percaya Diri
Berperan dalam pembangunan ekonomi nasional, menjadi pelopor dalam reformasi BUMN dan membangun kebanggaan bangsa.
Fokus Pada Pelanggan
Berorientasi pada kepentingan pelanggan dan berkomitmen untuk memberikan yang pelayanan terbaik kepada pelanggan.
Komersial
Menciptakan nilai tambah dengan orientasi komersial dan mengambil keputusan berdasarkan prinsip-prinsip bisnis yang sehat.
Mampu
Dikelola oleh pemimpin dan pekerja profesional yang memiliki talenta dan penguasaan teknis tinggi, berkomitmen dalam membangun kemampuan riset dan pengembangan
Kantor Pemasaran
Pertamina telah hadir selama hampir 60 tahun untuk memenuhi kebutuhan pelumas di dalam negeri. Dalam perkembangannya, Pertamina telah mendapatkan kepercayaan dan bekerjasama dengan sejumlah produsen kendaraan dan produsen mesin kelas dunia. Untuk mendukung kegiatan operasi di Indonesia, Pertamina mengoperasikan tiga pabrik pelumas yakni di Jakarta, Cilacap dan Gresik dan mengelola penjualan yang terbagi ke dalam 7 area pemasaran.
Sales Region 1
Jl. K.L. Yos Sudarso No. 8-10, Medan 20114
Sales Region 2
Jl. Jend. Ahmad Yani no.1247, Palembang 30264
Sales Region 3
Gd. Utama Lt. 4, Jl. Kramat Raya no. 59 Jakarta 10450
Sales Region 4
Jl. Pemuda no. 114, SemarangJl. Pemuda no. 114, Semarang
Sales Region 5
Jl. Jagir Wonokromo no. 88, Surabaya
Sales Region 6
Jl. Yos Sudarso no.148, Balikpapan 76123
Sales Region 7
Jl. Garuda no.1, Makassar 90125
Sumber: Pertamina Lubricants